#5: Mereka Adalah Segalanya Bagiku

Tidak banyak hal yang kuingat tentang sosok seorang bapak, hanya satu yang paling kuingat adalah pernah membuatnya marah gara-gara bertengkar dengan adikku perihal rebutan gimbot yang dulu jadi mainan banyak anak kecil. Tidak seperti sekarang yang apa-apa bisa dilakukan dengan smartphone.

Pun aku tak pernah ingat apakah dulu aku menangis ketika bapakku meninggal.

Kata orang-orang, bapak adalah sosok yang berwibawa dan hebat. Dihormati diantara saudara-saudaranya, badannya tinggi besar bahkan sering dikira sebagai tentara. Bahkan anak-anaknya pun rupanya lebih mirip ke bapak daripada ibu di mana aku dan 2 saudaraku memiliki badan yang tinggi besar.

Sosok yang tangguh

Sejak ditinggal bapak, ibu menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga di mana saat itu aku dan saudaraku masih di bangku sekolah. Beliau adalah wanita paling tangguh yang pernah aku tahu selama hidupku.

Bahkan ketika anak-anaknya sudah beranjak dewasa, beliau malah ditinggal merantau oleh ketiga anak laki-lakinya.

Sekarang banyak orang yang terlihat kagum dengan ibu yang bisa membesarkan 3 orang anaknya sampai 2 diantaranya berhasil menggapai cita-cita menjadi seorang tentara. Ya, hanya aku yang sama sekali tidak minat untuk menjadi tentara dan pada akhirnya bersyukur karena masih bisa pulang.

Mereka berdua adalah segalanya bagiku, bagi kami.

Pak, lihat dari sana ya. Kami pastikan wanita yang kau cintai akan baik-baik saja dan pastinya kami akan buat ibu bahagia dengan cara apapun.